Tanggal 13 s.d 15 Januari 2014 (senin s.d Rabu)

changi.jpg

(foto diambil dari FB Changi Airport 2015)

ini adalah foto changi airport masa kini (desember 2015) karena besok 18 desember penayangan perdanan #StarWars di Belahan dunia, maka cangi sedang gencar promo film starwars (yaiyalah karena di Singapura ada Cabangnya Universal Studio) apa hubungannya ya …….krik krik krik sambil garuk garuk kepala, yang jelas singapura promosi wisatanya sudah terorganisir dengan baik, untuk mempromot tempat tempat wisatanya

Perjalanan ke Singapura memiliki kesan yang mendalam bagiku, Pengalaman perjalanan perdana ke Negara Orang penuh kesan dan pengalaman menakutkan melewati gerbang imigrasi.

IMG_3492.JPG

(koleksi foto pribadi)

disinilah perjalanan menakutkanku yang pertama, gerbang imigrasi sudah nampak di depan mata, dag dig dug pun datang, karena pasport kita akan diperiksa, aku agak tenang karena ada dua teman yang menemani (mas Edy dan Mbak Anasilvi) tapi alangkah tidak beruntungnya aku, digerbang imigrasi ada beberapa loket pengecekan, dan aku diarahkan ke loket 2, sementara dua temanku ke loket nomor satu, aku lihat dua temanku lolos pengecekan passport di perjalanan perdana keluar negri, aaahhhhh ikut lega, semoga aku lolos juga, akhirnya tibalah saatnya pasportku diperiksa setelah antri dibelakang satu keluarga keturunan India (pasangan suami istri dan dua anaknya), aku pun maju satu langkah menuju petugas imigrasi dan menunjukkan pasportku, setelah di cek dan ricek, kemudian aku ditanya dengan bahasa melayu yang agak kurang aku pahami, kemudian petugas memanggil temannya, lalu aku ditanya lagi,

             Petugas : di Singapura berapa hari

             Aku : “tiga hari”

             Petugas : Setelah ke Singapura mau kemana lagi?

               aku : (aku jawab sekenanya) mungkin akan ke malaysia 1 hari”

Nah disinilah musibah pertama yg menimpaku

              Petugas imigrasi kemudian tanpa berkata a b c d langsung membawaku ke sebuah ruangan tunggu disebelah loket imigrasi, (inilah saat menegangkan bagiku, aku cuma disuruh duduk dan diminta Pasport dan KTP) aku begitu dag dig dug karena dua temanku sudah lolos dari gerbang imigrasi

15 menit pun berlalu

Kemudian datang petugas bertanya lagi, kamu sebenarnya mau kemana, mau naik haji ya lewat Malaysia?

dituduh seperti itu aku langsung mengeluarkan Jurus pembelaan, aku mengeluarkan Tiket Print Out, disitu tertera tanggal kepulanganku, bahwa aku di singapura cuma berlibur 3 hari dan setelah itu balik lagi ke Yogyakarta, dan aku berlibur juga bersama dua teman, kalo tidak percaya silahkan tanya.

Kemudian aku ditingal pergi lagi oleh si Petugas

Tak berselang lama, akhirnya loloslah aku, si Petugas Imigrasi pun memberikan pasport, KTP dan tiket PP ku, aku dipersilahkan menuju petugas imigrasi untuk di stempel “imigrasi Singapura”  hah lega lega lega Alhamdulillah banget

Melengganglah aku menuju pintu keluar bandara disambut mas Edy, Mbak AnaSilvi dan Mas Tommy (teman SMP mas Edy yang udah 2 tahun kerja di Singapura)

Setelah merasakan sensasi ketegangan di Imigrasi Changi Airport, kemudian oleh mas tommy kita dibimbing menggunakan kartu Ez-Link Card di ticket office stasiun MRT bandara Changi Airport di . Kartu Ez-Link ialah e-money sama seperti BCA Flash atau Mandiri e-money  yang digunakan untuk pembayaran MRT, bus, LRT dan beberapa outlet di Singapura.  Harga kartu ez-Link sebesar $12 dengan rincian harga kartu Ez-Link $5 dan deposit $7. Canggihnya lagi, kartu Ez-Link Singapura berlaku 5 tahun dan uang yang telah disimpan tidak dapat dikembalikan.

Aku sendiri menambah deposit $10 buat jaga-jaga dan cara penggunaan ez-link sangat mudah, caranya dengan meletakkan kartu di mesin yang tersedia dan secara otomatis akan menghitung biaya perjalanan. Nah bagi pemula yang baru ke Singapura, tidak usah khawatir akan nyasar atau tidak mengerti karena Singapura kota yang memberikan kemudahan kepada turis karena rambu yang ada disetiap jalan membuat orang awam mengerti. Tips dari saya hal penting yang harus dilakukan pertama kali di Singapura ialah mengambil semua brosur berupa peta yang ada di terminal karena peta yang disediakan gratis dapat menuntun untuk menjelajah Singapura secara mudah.

dan sampai saat ini pun Karu Ez-Link ku masih aku simpan sebagai kenang kenangan

berikut adalah koleksi foto foto pribadi di Changi Airport (waktu menunggu kepulangan Singapura-Yogyakarta)

Tunggu ceritaku selanjutnya di Negeri SingaLaut (Marmaid Lion)……..

